Frequently Asked Questions

PCPM adalah Pendidikan Calon Pegawai Muda, merupakan salah satu jalur penerimaan pegawai yang dipersiapkan untuk menjadi pimpinan di Bank Indonesia.

Rekrutmen PCPM Angkatan 35 tahun 2020 menggunakan 2 (dua) metode yaitu :
  1. Open Recruitment
  2. Targeted Recruitment, yang terdiri dari Campus Hiring pada beberapa perguruan tinggi tertentu dan Referral melalui kerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).
  1. Open Recruitment
    Open recruitment bersifat terbuka untuk seluruh kandidat yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan Bank Indonesia tanpa ada batasan perguruan tinggi.
  2. Targeted Recruitment
    • Campus Hiring : rekrutmen bersifat khusus dan ditujukan bagi kandidat yang memenuhi persyaratan tertentu serta berasal dari perguruan tinggi yang telah ditentukan oleh Bank Indonesia.
    • Referral LPDP : rekrutmen bersifat khusus dan ditujukan bagi kandidat yang merupakan lulusan S2 dari perguruan tinggi di luar negeri, dengan persyaratan bidang studi atau keahlian spesifik sesuai kebutuhan Bank Indonesia.
  1. Seleksi administrasi;
  2. Seleksi tes potensi dasar (TPD) dan Person-Organization Fit (POF);
  3. Seleksi tes pengetahuan umum (TPU), tes pengetahuan kebanksentralan (TPK), dan tes bahasa Inggris;
  4. Seleksi psikologi, leaderless group discussion (LGD), dan wawancara psikologi;
  5. Seleksi tes kesehatan dan tes psikiatri;
  6. Seleksi Wawancara akhir; dan
  7. Seleksi Leadership forum.
Dalam masing-masing tahapan seleksi berlaku sistem gugur.
Bank Indonesia hanya akan mengundang pelamar yang dinilai memenuhi persyaratan dan/atau kualifikasi yang ditetapkan untuk mengikuti proses seleksi PCPM Angkatan 35.
Periode penyampaian online application dilakukan mulai 5 September 2020 pukul 00.00 WIB s.d 10 September 2020 pukul 23.59 WIB.

Dokumen yang diunggah (upload) pada saat penyampaian online application antara lain:

  1. Scan identitas diri (KTP) – mandatory;
  2. Scan ijazah - mandatory;
  3. Scan transkrip nilai - mandatory;
  4. Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
  5. Scan sertifikat bahasa yang masih berlaku, seperti IELTS/iBT TOEFL/ITP TOEFL dan sertifikat keahlian (apabila ada).
  6. Scan Penyetaraan Ijazah dan Transkrip Nilai dari Kemendikbud - Dikti (khusus bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang tidak termasuk dalam Top 50 QS World Universities Ranking )
Diperkenankan, selama memenuhi persyaratan yang ditetapkan Bank Indonesia.

Silahkan mendaftarkan akun terlebih dahulu dengan cara:

  1. Mengklik tombol masuk.
  2. Mengisi nama lengkap, alamat email, nomor KTP dan password.
  3. Membuka email yang sudah didaftarkan dan klik link untuk verifikasi akun.
  4. Masuk ke akun dengan mengisi alamat email dan password akun.
  5. Melengkapi formulir aplikasi online dengan lengkap, termasuk upload dokumen pendukung.

Untuk mengisi online application, agar menggunakan PC atau Laptop yang sudah terinstall dengan web browser versi terbaru. Perangkat hardware sekurang-kurangnya memiliki spesifikasi:

  1. Processor Core i3 atau setara
  2. Ram 4GB
  3. HDD 500 GB
  4. OS Windows/Linux/Mac versi terbaru
  5. Dilengkapi perangkat web cam, audio, microphone dan mouse.

Tidak menggunakan mobile phone.

Pengisian online application dilakukan dengan menggunakan salah satu pilihan browser berikut:
  1. Mozilla Firefox minimal versi 80 yang dapat menerima cookies.
  2. Google Chrome minimal versi 84 yang dapat menerima cookies.
Hasil setiap tahapan seleksi akan diumumkan melalui email (no-reply@pcpm35rekrutmenbi.id) dan menu “Lamaran Saya” pada masing-masing kandidat serta melalui website rekrutmen ini. Dalam hal ini, Bank Indonesia berhak menetapkan kandidat yang memenuhi kualifikasi pada setiap tahapan seleksi. Hanya pelamar dengan kualifikasi terbaik (shortlisted candidates) berdasarkan penilaian Bank Indonesia yang akan diundang untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya.

Pelaksanaan metode seleksi terdiri dari 2 (dua) jenis, yakni seleksi online dan seleksi offline. Seleksi secara online dilakukan pada tahapan: 1) seleksi administrasi, 2) seleksi tes potensi dasar dan Person Organization Fit (POF),  3) seleksi tes pengetahuan umum, tes pengetahuan kebanksentralan, dan tes bahasa Inggris,  4) Seleksi tes psikologi, leaderless group discussion (LGD), dan wawancara psikologi, serta 6) Seleksi wawancara akhir. Sementara, tahapan seleksi lainnya yakni:, 5) tes kesehatan dan tes psikiatri, dan 7) Leadership Forum, akan dilakukan secara offline atau pertemuan langsung.

Pelaksanaan seleksi secara offline atau pertemuan langsung dilakukan pada 11 (sebelas) kota, yakni Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Makassar dan Manado. Peserta harus memilih salah satu kota dari 11 kota dimaksud untuk menjadi lokasi pelaksanaan tes offline. Khusus pelaksanaan Leadership Forum akan dilaksanakan di Jakarta.

Jika data belum disimpan (Save) maka data yang telah diinput akan hilang pada saat terjadi gangguan network atau listrik padam. Untuk itu, disarankan agar per tab/menu isian aplikasi online dapat disimpan (Save) terlebih dahulu sebelum mengisi tab/menu isian selanjutnya.
Proses penyimpanan dilakukan per halaman online test secara otomatis. Apabila terjadi kondisi listrik padam atau gangguan network maka peserta dapat mengulang kembali proses pengerjaan online test mulai dari halaman terakhir dengan sisa waktu yang ada (jangan melakukan Clear Cache). Pada saat listrik padam atau gangguan network, waktu pengerjaan tes akan tetap berjalan sesuai dengan waktu mulai diawal pengerjaan.
Pelaksanaan tes ulang hanya akan dipertimbangkan apabila terjadi insiden/hal-hal yang bersifat force majeur dan masif serta massal di wilayah/lokasi tertentu pada saat online test tengah berlangsung, seperti bencana alam, listrik padam dan/atau jaringan komunikasi di wilayah sekurang-kurangnya setingkat kota/kabupaten, yang mengakibatkan setidaknya 10 (sepuluh) orang peserta melapor bahwa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti tes. Panitia seleksi memiliki hak dan kewenangan sepenuhnya untuk merespon/tidak merespon, melayani/tidak melayani permintaan online test ulang sesuai dengan asesmen dan evaluasi oleh Panitia seleksi.

Jika koneksi anda terputus saat proses LGD berlangsung, Anda diharapkan segera login kembali ke dalam CloudX. Jangan lupa mengganti nama Anda dengan format “No Tes – Nama”. Setelah login ke dalam CloudX, Anda bisa menginformasikan No Tes, Nama dan Kelompok ke Administrator/Host melalui kolom chat agar dapat di assign ke breakout room LGD.

Pelaksanaan diskusi kelompok dan/atau wawancara psikologi ulang hanya akan dipertimbangkan apabila terjadi insiden/hal-hal yang bersifat force majeur dan masif serta massal di wilayah/lokasi tertentu pada saat online test tengah berlangsung, seperti bencana alam, listrik padam dan/atau jaringan komunikasi di wilayah sekurang-kurangnya setingkat kota/kabupaten, yang mengakibatkan setidaknya 10 (sepuluh) orang peserta melapor bahwa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti tes. Panitia seleksi memiliki hak dan kewenangan sepenuhnya untuk merespon/tidak merespon, melayani/tidak melayani permintaan diskusi kelompok dan/atau wawancara psikologi online ulang sesuai dengan asesmen dan evaluasi oleh Panitia seleksi.

Apabila peserta diundang untuk mengikuti tes secara offline, peserta tidak diperkenankan untuk mengajukan pindah (kota) lokasi tes. Pelaksanaan tes offline sesuai dengan pilihan kota yang sudah disampaikan pada saat pengisian online application.
Silahkan menghubungi Contact Center Rekrutmen pada nomor: 021-80602112

Bantuan

Hubungi Kami Contact Center Rekrutmen 021-80602112